-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    e-KTP atau KTP Elektronik Merupakan Identitas Resmi Penduduk

    Redaksi
    Selasa, 16.1.24 WIB Last Updated 2024-01-16T16:08:49Z

     


    BOGOR (BJN) -  e-KTP atau KTP Elektronik merupakan identitas resmi penduduk yang merupakan bukti diri yang berlaku di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia, juga dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.



    Sehingga penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk yang sudah berusia 17 tahun  dan berlaku seumur hidup.



    Nomor NIK yang ada di e-KTP tersebut nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya.



    Dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Bogor, meskipun terdapat berbagai kendala seperti terbatasnya alat perekaman e-KTP, kurangnya tenaga pendampingan teknis  di setiap kecamatan serta singkatnya waktu perekaman sampai saat ini perekaman di 6 Kecamatan sudah dilakukan melalui Layanan Sore Malam (LSM) sudah  hampir mencapai target. Sebutnya.



    Penyerahan Kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kantor Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, yang berlangsung hari Selasa 16/1/2024 turut hadir diantaranya Wakil Walikota Bogor,  Kadisdukcapil Kota Bogor, dan Camat Bogor Selatan serta warga masyarakat penerima KTP pemula.



    Dalam acara tersebut diserahkan e-KTP kepada warga masyarakat penerima KTP pemula secara simbolis oleh Wakil Walikota Bogor, hal ini menjadi tanda secara serentak seluruh warga Kota Bogor yang telah mengikuti perekaman e-KTP pemula, akan mendapatkan KTP elekronik di masing-masing Kecamatan melalui Kelurahan  secara bertahap sesuai dengan domisili kependudukannya.



    Jurnalis : Oktiarsa 

    Editor.   : Deri

    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini