-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    HUT ke-51 Pramuka IPB University, Sekda; Dasa Darma Modal Pembentukan Karakter

    Redaksi
    Senin, 20.5.24 WIB Last Updated 2024-05-20T14:35:51Z



    BOGOR (BJN) -  Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menghadiri HUT ke-51 Pramuka IPB University di Kampus IPB University Dramaga, Kabupaten Bogor, Sabtu 18/5/2024, sore.



    Sekda Syarifah Sofiah mengatakan bahwa dilihat dari sejarahnya, Pramuka IPB University berada di Kota Bogor karena di masa Gugus 51 IPB University berada di Kota Bogor sebelum pusat pembelajaran dialihkan di Kampus Dramaga.


    Syarifah yang merupakan lulusan IPB University juga pernah mengikuti perkuliahan di Kampus IPB University Jalan Pajajaran.



    "Di usia ke 51 tentu saja usia ini tidak mudah karena masuk pada usia dewasa, sehingga semoga pembinaan Pramuka terus berkembang dengan baik. Karena kakak semua di sini sudah lama berkiprah di Pramuka. Kita menyadari bahwa pembinaan di Pramuka ini pembinaan karakter yang luar biasa kalau kita bandingkan dengan organisasi-organisasi yang lain," jelasnya.


    Itulah lanjut Syarifah yang membuat daerah-daerah di Pramuka terus mempertahankan keberadaan Pramuka.


    "Karena di Pramuka itu ada Dasa Darma isinya diawali tentang Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sampai pada suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Itu merupakan modal lebih kita untuk membentuk karakter," katanya.



    Terlebih tambah Sekda Syarifah, saat ini diera Gen Z berkembang juga istilah atau sebutan generasi strawberry, dimana generasi ini dianalogikan seperti strawberry yang berbentuk menarik, cantik memiliki rasa yang manis, tapi tidak tahan terhadap goncangan sehingga mudah rapuh.


    Sehingga keberadaan Pramuka bisa memberikan daya tangkal, daya tahan dan daya juang serta mengimplementasikan Dasa Darma, terlebih di Pramuka IPB University memiliki pembinaan tentang mempelajari konservasi pada hutan ada mangrove, lingkungan serta Kalpataru.


    "Semoga ini bisa terus bertahan dan berkembang dan menjadikan generasi masa depan bangsa lebih baik," ujarnya.


    Di lokasi yang sama, Ketua Dewan Racana Surya Tirta Kencana, Wicaksono mengatakan bahwa Pramuka IPB University salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai karakter dan juga hal yang menjadi salah satu wadah pengembangan karakter.


    "Usia Pramuka IPB ke 51 tahun sudah setengah abad dari perjalananya. Sejak 1973 Pramuka IPB terus menerus memberikan pengaruhnya, baik di lingkup IPB, nasional maupun lingkungan masyarakat," katanya.


    Ia pun berharap Pramuka IPB terus berkembang dan terus maju bersama.



    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini