-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Peringati 1 Tahun Destana Kota Batu

    Redaksi
    Minggu, 22.11.20 WIB Last Updated 2020-11-22T12:55:33Z


    Acara Peringati 1 Tahun Desatana Kota Batu/ (Foto.beritajejaring.net) 

    BOGOR (BJN) - Achmad Pahrudin Ketua Desa Tangguh Bencana (Destana) Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, hari ini Minggu 22/11/2020 peringati berdirinya Destana ke, 1 Tahun. Acara berlangsung di Aula Kantor Desa Kota Batu.

    Achmad Pahrudin, dalam kata sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada Ratna Wulansari Kepala Desa Kota Batu beserta Staf yang turut hadir dalam peringati 1 Tahun Desatana Kota Batu.

    Lanjutnya, saat ini Destana Kota Batu dan seluruh anggota aktif dalam setiap kegiatan. Selain itu penting saya sampaikan bahwa Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan kemampuannya harus mengenali ancaman di wilayah dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat, mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

    Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana.

    Dalam Destana, masyarakat terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan.

    Dasar Hukum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, mengamanatkan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana. Salah satu strategi untuk mewujudkan hal ini adalah melalui pengembangan Desa tangguh terhadap bencana dengan upaya Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK).

    Dalam PRBBK, proses pengelolaan risiko bencana melibatkan secara aktif masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau dan mengevaluasi risiko bencana untuk mengurangi kerentanan dan meningkatkan kemampuan, sebutnya.

     
    Kepada M. Saeful Hidayat/Ade Supriadi awak media BJN, Achmad Pahrudin mengatakan, hari ini minggu 22/11/2020, melaksanakan peringatan 1 Tahun Destana Desa Kota Batu, sekaligus peningkatan kapasitas Desa Tangguh Bencana (Destana).

    Terlebih yang disebutkan, saat pembukaan paparan yang disampaikan guna pemahaman kepada seluruh anggota, agar saat bertugas sudah memahami aturan yang harus dilakukan.

    Dengan digelarnya acara ini kami atas nama Destana Kota Batu, mengucap terimakasih kepada semua pihak telah membantu kelancaran jalannya acara, serta seluruh peserta yang hadir sudah mengikuti aturan Protokol Kesehatan, pungkasnya.





    Jurnalis: M. Saeful Hidayat/Ade Supriadi
    Editor: Muhamad Riky .R

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini