-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Pecat Arteria Dahlan dan Proses Hukum Harus Berjalan

    Redaksi
    Jumat, 28.1.22 WIB Last Updated 2022-01-28T12:54:08Z

    (Foto.beritajejaring.co.id)

    BOGOR (BJN) - Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Budaya Jawa Barat. Kamis 27/1/2022, mendatangani gedung DPR RI di Senayan - Jakarta, guna menuntut  Arteria Dahlan, anggota DPR RI yang duduk di komisi III, untuk dipecat dan di proses hukum. 

    Hal tersebut dilakukan sebagai akibat dari perkataan sekaligus permintaan Arteria saat dilakukannya rapat dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat dan DPR RI, agar Kepala Kejati tersebut dipecat, karena sempat berkata dengan bahasa Sunda.

    Menurut Ketua Aliansi Budaya Jawa Barat, Ki Iman Sobari, hal perkataan dengan bahasa Sunda itu, seharusnya dihargai sebagai kekayaan budaya dan bahasa di republik ini.

    "Ke Bhinekaan di NKRI ini menjadikan Indonesia kaya akan budaya dan bahasa. Jadi seharusnya itu dihargai, bukan di kultuskan, seolah tak pantas. Yang justeru harus di kultuskan dan dipecat, yaitu Arteria, karena telah menciderai bahasa Sunda, yang dampaknya sudah barang tentu kepada masyarakatnya juga", tegas Iman. 

    Sementara itu, Komandan yang memimpin Aksi tersebut, Ki Luthfi, menyatakan bahwa, "Kami datang mewakili masyarakat Jawa Barat dan Suku Sunda yang terciderai atas ucapan Arteria Dahlan. Dia itu, tidak menghargai UUD 1945, yang menjadi dasar hukum di Republik ini. Dalam UUD 1945 tertera bahwa suku, budaya dan bahasa daerah harus dijaga dan dilestarikan, karena jadi aset keanekaragaman bangsa kita", keluh Luthfi.
    Begitu pula Sekjen Forkind Kokolot Bogor, Jacky Wijaya, yang turut mewakili komunitasnya, berharap agar tuntutan pemecatan Arteria Dahlan itu dapat segera dilakukan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bahkan pelaporan pelanggaran hukum baik Undang Undang, hukum pidana, dan ITE, pun harus disegerakan oleh aparat kepolisian. Ingat, Eddy Mulyadi yang mengatakan, Kalimantan adalah "Tempat jin buang anak" sekilat itu langsung diproses.

    Nah ini, bahasa Sunda yang sudah barang tentu berkait dengan manusia (orang Sunda) ya seharusnya lebih cepat dong proses hukumnya.

    Sementara itu, aksi yang disampaikan masyarakat Sunda di gedung DPR RI itu, dipenuhi dengan berbagai spanduk, banner bahkan hingga atraksi seni Jawa Barat mulai dari jaipongan, gelaran karinding, kecapi hingga debus pun dipertontonkan.

    Kedatangan perwakilan masyarakat Sunda, sempat di terima oleh salah seorang anggota DPD perwakilan dari Jabar. Selain dititipkan Surat Permintaan dipecatnya Arteria Dahlan oleh MKD kepadanya, selang beberapa waktu kemudian saja, Aliansi telah berhasil menyampaikan nya dan diterima oleh sekretariat MKD.

    Secara umum dan khusus masyarakat Jawa Barat itu, hanya meminta agar penegakan hukum dilakukan tanpa pandang bulu karena semua sama dimata hukum.

    Redaksi: Novel Ruchyadi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini