-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    FPK, Bersama Semua Unsur Lembaga Stakeholder Dan Forkopimda Kabupaten Bogor, Peringati Hari Lahir Pancasila

    Redaksi
    Kamis, 1.6.23 WIB Last Updated 2023-06-01T07:05:19Z

     


    BOGOR (BJN) -  Cheppy Sofyan Ishak, Dewan Penasehat, FPK, Kabupaten Bogor, mengatakan Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Pancasila  melainkan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.



    melanjutkan, keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.



    “Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut, dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.



    Ia menjelaskan, hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.



    Kemudian, Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa indonesia.



    “Para pendiri negara (the founding fathers) telah berhasil  mengidentifikasi kepribadian kemudian pandangan perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia,” ujar Rudi.




    “Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa bangsa Indonesia yang dirumuskan dalam suatu hidup yaitu Pancasila.


    Senada yang disampaikan H.  Taofikurrahman, saat mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di-Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis 1 Juni 2023.



    Disebutkannya, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) bersama semua unsur Lembaga bersama Stakeholder dan Forkopimda Kabupaten Bogor, berperan aktif mensukseskan kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila.



    Semoga Momentum Peringati Hari Lahir Pancasila tahun 2023,  tidak hanya untuk diingat saja, tapi Hari Lahir Pancasila  juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan  berkeperilaku  dalam kehidupan bermasyarakat.

    "Lestari Bhinneka Tunggal Ika" Pungkasnya.


    Jurnalis : Heri Ridwan SH./Arina 

    Editor.    : Deri

    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini