-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Santunan Anak Yatim dan Pawai Obor

    Redaksi
    Selasa, 18.7.23 WIB Last Updated 2023-07-20T03:19:22Z




    BOGOR (BJN) -  Sebelum melaksanakan kegiatan Pawai Obor , acara yang dimulai dengan  Santunan Anak Yatim, secara simbolis 20 orang, yang selanjutnya diadakan Pawai Obor, seluruh yang terlibat diacara melaksanakan Dzikir, Doa Penutup Tahun dan Doa Tahun Baru Islam 1445 H,  secara  bersama dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, acara berlangsung di Masjid Agung Kota Bogor dan Alun Alun Kota Bogor, Selasa 18/6/2023.





    Disebutkan, sejarah 1 Muharram Tahun Baru Islam, awalnya ditandai dengan peristiwa besar, berupa peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, hal tersebut menjadikan sebuah awal  penamaan Kalender Islam.



    Sebelum zaman Nabi Muhammad SAW, masyarakat arab tidak menggunakan sistem kalender tahunan untuk memperingati suatu peristiwa, mereka hanya menggunakan sistem hari dan bulan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tahun Gajah, masyarakat arab tidak menggunakan angka dalam menentukan tahun.



    Semua para sahabat Rasul Allah, seperti Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Thalhan bin Ubaidillah berdiskusi, untuk menentukan sistem kalender Islam, dari banyaknya usulan, terpilihlah usulan dari Ali bin Abi Thalib yang mengusulkan kalender Hijriyah Islam dimulai dari persitiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW.

    Hal tersebut diungkapkan, Eddi SK,  Panitia pelaksanaan Santunan Anak Yatim dan Pawai Obor 1 Muharam 1445 H, kepada awak media beritajejaring.co.id.



    Selain itu dia juga mengatakan seluruh rangkaian acara berjalan sesuai rencana berkat dukungan seluruh masyarakat Bogor dan di dukung oleh cuaca yang  bagus dari pagi hingga malam hari ini.

    Hal serupa juga, disampaikan H.  Bustomi Karim (Bah Utom) Ketua Umum,  Forkind Kokolot Bogor (FKKB) usai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.Sebutnya.




    Senada yang disampaikan Ketua PANPEL Tb. Lutfi Suyudi S.E, bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini berkat dukungan semua pihak ,sehingga terlaksana sesuai harapan.

    Tb. Lutfi Suyudi S.E, mengucap terimakasih kepada Pemerintah Kota  (Pemkot) Bogor, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, TNI, Polri, Satpol-PP, DLHK, Dishub,SMA Kosgoro, Ormas, LSM, Paguyuban, yang telah membantu pengamanan dan masyarakat Bogor pada khususnya.

    Semoga tahun-tahun  kedepan Acara peringatan 1 Muharram bisa terus dilaksanakan secara kontinyu dan lebih meriah lagi. Dukungan penuh dari Forkopimda sangat di harapkan demi suksesnya acara yang berlangsung.



    Terpisah; Ketua HIPAKAD DPC Kota Bogor Dwi Joko Putranto / yang  diwakili Yulius Manua Lodan , sangat apresiasi kepada  panitia pelaksana Santunan Anak Yatim dan Pawai Obor sudah terlaksana sesuai harapannya, semoga apa yang sudah dilaksanakan menjadi salah satu cermin kita semua dan tentu berharap , acara serupa bisa dilaksanakan kembali ditahun akan datang dan lebih meriah.

    Jurnalis  : Dendy S/Rosidah
    Editor.     : Deri
    Redaksi. : Novel Ruchyadi
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini