-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Samisade Tahap 2 Betonisasi Jalan Desa Sukamantri Sudah Berjalan

    Redaksi
    Rabu, 8.12.21 WIB Last Updated 2021-12-08T14:24:32Z

    (Foto.beritajejaring.co.id)

    BOGOR (BJN) - Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa yang digelontorkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dikenal dengan Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade), sudah direalisasikan. Bahkan, dibeberapa Desa sudah memasuki tahap ke 2 atau penyelesaian. Salah satunya Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor.

    Program Samisade di Desa Sukamantri dialokasikan dalam satu titik Betonisasi Jalan Desa sepanjang 1.500 meter dengan lebar 3,5 meter dan tinggi 0,15 meter.

    "Ditahap ke- 1 anggaran diterima 40 persen dari total dana yang digelontorkan sejumlah Rp. 954.920.000,-, atau sekitar Rp. 381.968.000,-, sudah rampung dilaksanakan sepanjang 600 meter. Kini ditahap ke- 2 atau 60 persen sisanya sejumlah Rp. 572.952.000,-, kita lanjutkan pembangunan betonisasinya sepanjang 900 meter", ujar Fuad selaku TPK yang juga Kasi Kesejahteraan Desa Sukamantri. Rabu 8/12/2021.

    Ia menambahkan, betonisasi yang dibangun dalam Program Samisade ini merupakan akses menuju tempat wisata yang juga menjadi penghubung antara Desa Sukamantri dengan Desa Tamansari.

    Dalam pelaksanaannya, kita libatkan Tenaga Ahli untuk menjaga kualitas, juga warga setempat kita libatkan melalui Program PKT sejumlah 50 orang, pekerjaan diperkiraan selesai dalam waktu 15 hari, sementara pekerjaan sudah dimulai sejak 5 hari lalu, jelasnya.

    Ia pun menjelaskan, terkait kiri kanan sepadan jalan untuk pemerataan dan pemadatannya dengan mengerahkan warga untuk swadaya.

    "Kepada masyarakat khususnya warga Desa Sukamantri pengguna jalan diwilayah Rw. 12 ini, mohon maaf sementara selama 1 bulan jalan ditutup karena dalam proses pengerjaan, mohon untuk bersabar agar tidak digunakan dulu sampai benar-benar kering", ujarnya.

    "Dalam kesempatan ini saya ucapkan terima kasih pada Bupati Bogor Hj. Ade Yasin, dengan adanya program ini saya atas nama Pemdes Sukamantri mewakili Kepala Desa sekali lagi mengucapkan terimakasih", ucapnya.
    Disisi lain Sajidin selaku Pendamping Desa Tingkat Kecamatan Tamansari yang sedang melaksanakan Monitoring di wilayah Taman Kupu-kupu Desa Sukajadi mengatakan, dari hasil monitoring dan evaluasi pembangunan infrastruktur dalam program Samisade di Desa-desa yang ada diwilayah Kecamatan Tamansari, sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang diberlakukan.

    "Saya sudah monitor Desa-desa yang sedang melaksanakan pembangunan Samisade ini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar kalau dilihat dari hasil monev, semua ketebalan sudah rata-rata 15 centimeter", ujarnya usai mengukur Betonisasi Jalan Desa di Taman Kupu-kupu Desa Sukajadi bersama Ketua TPK Desa Sukajadi.

    Lanjut Aji panggilan dari Sajidin, Desa Sukajadi progresnya sudah 80 persen di Kupu-kupu ini, dan bisa langsung ke kegiatan yang ke 2 Hotmix jalan. Kemudian Desa Sukamantri sudah pula melaksanakan pembangunan betonisasi tahap ke 2 dalam minggu ini diperkirakan selesai. Begitu juga Desa Sukaluyu dan Sukajaya sudah bergerak di 2 titik kegiatan.

    Desa Sirnagalih dalam pengerjaan, info kesaya minggu ini selesai, hanya Desa Pasir Eurih karena dananya ditahap ke 2 ini belum masuk, mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ditransfer.

    "Jadi yang belum di Kecamatan Tamansari untuk pembangunan tahap ke 2 hanya Desa Pasir Eurih, untuk Desa Tamansari perhari ini baru dilaksanakan karena akhir tahun dan serentak pengerjaan betonisasi hotmix dan lainnya disemua Desa, karena ditargetkan akhir tahun ini sudah selesai semua jadi terkendala pemesanan materialnya", urai Aji.

    Kami dari Kecamatan Tamansari mengucapkan terimakasih atas apresiasi Bupati Bogor sudah memperhatikan kondisi infrastruktur di Desa. Program ini sangat bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya di Desa-desa, mudah-mudahan program ini tetap dilanjutkan ditahun depan dan seterusnya agar selesai pembangunan infrastruktur di Desa. Terbukti dengan Program Samisade ini, Infrastruktur yang awalnya sulit direalisasikan oleh Dana Desa ataupun dari Provinsi, Alhamdulillah dengan Program Samisade yang digagas Bupati Bogor bisa terealisasi, tutup Aji.


    Jurnalis: Sudarmawan
    Editor: Muhamad Riky .R
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini