-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Dirjen Dukcapil Kemendagri Apresiasi Inovasi Dukcapil Family Fest Kota Bogor

    Redaksi
    Minggu, 11.6.23 WIB Last Updated 2023-06-11T05:02:23Z

     


    BOGOR (BJN) - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), menghimbau kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan jemput bola dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat terutama kelompok rentan. 



    "Kami dari Dirjen Dukcapil Kemendagri menghimbau kepada jajaran Pemda untuk melakukan pelayanan jemput bola, Seperti di Mall, sekolah, Kampus dan sebagainya. Kita juga harapkan melakukan pelayanan kepada kelompok rentan, misalnya lansia, disabilitas dan lainnya," ungkap Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dr Teguh Setyabudi MPd saat menghadiri acara Dukcapil Kota Bogor, Family Fest 2023 seri ke 2 yang digelar di Boxies 123 Mall, Sabtu (10/06/23). 



    Di tahun politik menjelang Pemilu Tahun 2024 ini, ia berharap agar Pemda lebih masif lagi dalam kegiatan melayani  kependudukan masyarakat, Untuk Kota Bogor sendiri Dukcapil Kemendagri menargetkan perekaman identitas penduduk sebesar 99,4 persen. 


    "Apalagi menjelang tahun politik 2024. Perekaman yang lebih kita masif kan, walaupun Kota Bogor persentase perekaman sudah mencapai 99,20 persen, yang Artinya target perekaman tinggal sedikit lagi. Pasalnya target kita 99,4 persen," ungkapnya.


    Melihat gelaran Disdukcapil Family Fest yang digelar di Boxies 123 Mall, Ia mengapresiasi inovasi Disdukcapil Kota Bogor, di sini ia melihat masyarakat sangat antusias dalam melakukan perekaman KTP,  maupun dokumen administrasi lainnya.


    "Disini juga Masyarakat bisa mencetak Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) Jadi 3 in 1 pelayanannya," jelasnya. 


    Mengenai KTP digital, pihaknya pun kini tengah masif mensosialisasikan, agar masyarakat dapat segera mengaktivasi KTP Digitalnya, dimana dengan KTP Digital ini, akan mempermudah masyarakat dalam pelaksanaan transaksi layanan publik serta menghindari terjadi pemalsuan data. 



    "Ini memang tidak akan seketika menggantikan KTP fisik, walaupun masyarakat yang menggunakan handphone sangat banyak, tapi ada saja masyarakat yang tidak memiliki handphone,  kedepannya nanti pelayanan publik bisa dilakukan melalui ID digital," tandasnya.


    Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bogor, Ganjar Gunawan, mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan momen ini untuk bisa mengurus data kependudukan sambil berlibur. 


    "Sebenarnya kami dari sisi dinas setiap hari kerja, Senin sampai Jum'at kita melayani masyarakat, untuk pengurusan dokumen administrasi dari pagi sampai sore, ditambah lagi kami juga membuka layanan pada hari Sabtu dengan layanan Servis On Saturday," ungkap Ganjar. 



    Dimana menurutnya, pada hari Sabtu untuk  pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Bogor tidak seramai pada hari kerja Senin hingga Jumat, tentu layanan ini lebih dikhususkan bagi masyarakat yang tidak sempat mengurus data kependudukan pada  hari kerja. 


    "Disdukcapil Family Fest 2023 ini, adalah inovasi kami untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat, terkadang masyarakat yang datang tidak hanya mengurus KTP dan KK saja. Pada Acara sebelum nya, bisa mencapai 4.000 dokumen administrasi yang kita cetak seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran, semua layanan ini gratis tidak di pungut biaya, " pungkasnya.



    Sumber : (AL) 

    Editor.  : Deri

    Redaksi : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini