-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Jejaring
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top ads

    PENDIDIKAN

    Nobar Video Bullying, Anti Vandalisme dan Perundungan Karya Siswa SMA Negeri 9 Kota Bogor

    Redaksi
    Selasa, 21.11.23 WIB Last Updated 2023-11-21T13:15:49Z

     



    BOGOR (BJN) - Nonton Bareng (Nobar) video Bullying, Vandalisme dan Perundungan karya siswa SMA Negeri 9, di Aula kelas SMA Negeri 9 Kota Bogor, Jl. Kartini No.1 Ciwaringin Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa, 21/11/2023.


    Bullying dan Perundungan, Vandalisme adalah segala bentuk penindasan, kekerasan dan  perbuatan merusak, yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat.  


    Tidak sedikit bullying berdampak pada psikis apabila hal ini dilakukan secara terus menerus. Untuk kasus yang sering terjadi di sekolah, siswa merundung siswa yang lain, murid memukuli guru, guru menampar dan mendiskriminasi murid dan lain sebagainya.



    Saat ditemui awak media beritajejaring.co.id, Rini  Listari, S.Pd.,M.Pd. Kepala Sekolah menjelaskan, Kasus bullying, perundungan dan vandalisme, saat ini sering terjadi di usia sekolah dan menjadikan sebuah fenomena negatif terhadap dunia pendidikan.


    Nonton bareng video karya anak-anak ini merupakan bagian tugas akhir dari P5, kurikulum merdeka, siswa membuat video tentang isu-isu yang marak terjadi di lingkungan sekolah.



    Tanggapan anak-anak disambut baik oleh  mereka, serta  antusias membuat karya mereka sehingga terseleksi pada hari ini sebanyak 9 video yang terpilih dari 27 video yang dibuat oleh siswa siswi. 


    "Pada intinya dunia pendidikan bukan  hanya membuat para pelajar pintar, namun juga harus mampu membekali para siswa dengan akhlak mulia, serta berwawasan pancasila sehingga menjadi pelajar pancasila".


    Sementara itu, Yuli (guru pembimbing) juga menyebutkan hal yang sama, untuk kegiatan hari ini para siswa selama 2 bulan mempersiapkan video yang mereka buat.


    "Video yang didaftarkan ada sebanyak 27 video, setelah melalui proses seleksi kelayakkan inspirasi tentang pengisi suara maupun tema yang dipilih, hanya 9 video yang memenuhi dan sesuai dengan tema tersebut".


    Ditempat yang sama Khalid, salah satu siswa yang membuat video tentang  bullying dengan judul film "Memen" tema yang diangkat dari film ini adalah semangat seorang anak yang bertekad memperbaiki kehidupannya menjadi  lebih baik, namun dihadapkan pada  permasalahan keluarga, dimana ia memiliki seorang ayah pemabuk dan seorang ibu yang sakit-sakitan serta  persoalan  eksternal, sehingga anak tersebut hampir patah semangat, namun atas nasihat dari ibunya anak tersebut kembali bersemangat untuk menggapai cita-citanya.


    Pesan yang ingin disampaikan untuk para pembuli, kenapa kita  tidak berdamai dengan sesama dalam menjalani kehidupan ini. 


    "Buat para pembully, ngaca dulu pada diri sendiri, daripada ngurus hidup orang lain, mending ngurus dirinya sendiri", tutupnya. 


    Jurnalis   : John

    Editor       : Deri

    Redaksi    : Novel Ruchyadi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini